Halaman

Senin, 20 Juni 2011

Komunikasi Efektif Untuk Membangun Organisasi/Lembaga Profesional di Perusahaan

Komunikasi Efektif dapat menciptakan perusahaan yang harmonis, berkontribusi aktif pada bangsa,
Dalam hubungan industrial, baik perusahaan swasta, pemerintah perlu dibentuk Lembaga Kerja Sama Bipartit untuk menyalurkan aspirasi karyawan, baik level terendah sampai Top manajemen,

" Terwujudnya Tenaga Kerja dan Masyarakat Transmigrasi yang produktif, kompetitif dan Sejahtera," Seperti Misi Kementrian Tenaga kerja yang disebutkan tadi adalah perlunya Trainer Profesional yg memiliki:
  1. Pengetahuan bahan yg diajarkan
  2. Kemampuan Memotivasi
  3. Kemampuan Mengajar
  4. Kemampuan berkomunikasi efektif
Fungsi LKS Bipartit dalam Perusahan adalah:
  • Sebagai forum komunikasi, konsultasi, dan musyawarah antara pengusaha dan pekerja/serikat buruh pada tingkat perusahaan.
  • Sebagai forum untuk membahas masalah hubungan industrial di perusahaan guna meningkatkan produktivitas kerja dan kesejahteraan pekerja/buruh yg menjamin kelangsungan usaha.
Tata cara utntuk mengembangkan komunikasi yang efektif adalah:
  • Penghargaan.......yakni: Membantu orang merasa berharga dan lebih percaya diri dengan keahlian dan kemampuannya
  • Empati........yakni: Memahami perasaan orang lain
  • Melibatkan........yakni: Melibatkan orang dalam keberhasilannya, membantu mereka membuat komitmen
  • Berbagi........yakni: tidak hanya berbagi informasi, tapi juga perasaan dan pikiran
  • Dukungan .......yakni Menawarkan bantuan, dukungan tanpa mengambil tanggung jawab
Rumus dalam berkomunikasi yang baik yakni:
  • Paham
  • Senang
Jenis komunikasi
  1. Verbal
  2. Non Vebal
Penyampaian Nonverbal
  • Menarik dari Ekspresi Wajah
  • Menarik dari Ekspresi Tubuh
  • Menarik dari Ekspresi Suara
  • Menarik dari Penampilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar